RAHAYU, NURAFNI PUJI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT MACAM-MACAM TUSUK DASAR HIASAN SISWA KELAS X SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131141018 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 5131141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
3. NIM. 5131141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 5131141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 5131141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5131141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5131141018 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 5131141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5131141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 5131141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM. 5131141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar pembuatan macam-macam tusuk dasar hiasan mengunakan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap siswa kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang. 2)Untuk mengetahui kecenderungan hasil belajar siswa yang diberi mediapembelajaran berbasis video tutorial pada siswa kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang. 3)Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar pembuatan macam-macam tusuk dasar hiasan siswa kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Awal Karya Pembangunan Galang sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas X Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat macam-macam tusuk dasar hiasan dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada hasil membuat tusuk dasar hiasan. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat macam-macam tusuk dasar hiasanSiswa Kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang. untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 70% sebanyak 24 siswa. Dan tingkat kecenderungan hasil membuat tusuk dasar hiasan untuk kelas kontrol cenderung rendah yaitu 75% sebanyak 27 siswa. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=33, diperoleh data hasil belajar membuat tusuk dasar hiasan kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel = 0,025< 0,150 dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,071< 0,150. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,51< 1,4 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 11,6 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 68 sebesar 1,7. Dengan demikian thitung >ttabel (11,6> 1,7). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Membuat Macam-Macam Tusuk Dasar Hiasan Siswa Kelas X SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan video tutorial cenderung baik digunakan di SMK Awal Karya Pembangunan Galang terutama dalam mata pelajaran teknologi menjahit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 031 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:21 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34256 |