WAHYUDI, RAJA DUPAN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123131037 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5123131037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
3. NIM. 5123131037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 5123131037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 5123131037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM. 5123131037 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5123131037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5123131037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM. 5123131037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM. 5123131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika antara penggunaan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 dan Media Pembelajaran Powerpoint pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 97 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara cluster, dimana pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 ditetapkan pada kelas X TIPTL-1 dan media pembelajaran Powerpoint ditetapkan pada kelas X TIPTL-2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Pada media pembelajarn Adobe Flash CS6 diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1355 < 0,1542, disimpulkan data dalam kategori normal, dan pada media pembelajaran Powerpoint Lhitung < Ltabel yaitu 0,1262 < 0,1566, disimpulkan data dalam kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara media pembelajaran Adobe Flash CS6 dan Powerpoint digunakan uji kesamaan varians pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 1,7658 < 1,8290 maka disimpulkan varians sampel homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,320 > 1,672, dan diambil kesimpulan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Adobe Flash CS6 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Powerpoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 045 |
Keywords: | Media Pembelajaran Adobe Flash CS6, Rangkaian Arus Bolak-Balik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34246 |