HUTABARAT, ROMAULI (2018) PENGARUH PENDAPATAN ORANGTUA DAN MOTIVASI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KOTA TARUTUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142141040 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM.7142141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
3. NIM.7142141040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM. 7142141040 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. NIM. 7142141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 7142141040 LIST OF TABEL .pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 7142141040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 7142141040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 7142141040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 7142141040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
14. NIM. 7142141040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya nilai ekonomi siswa kelas X SMA Negeri di Kota Tarutung Tahun Ajaran 2017/208 yang belum mencapai tingkat ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang positif dan signifikan antara pendapatan orangtua dan motivasi orangtua siswa kelas X SMA Negeri di Kota Tarutung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri yang ada di Kota Tarutung yaitu SMA N 1 Tarutung, SMA N 2 Tarutung, dan SMA N 3 Tarutung Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kota Tarutung Tahun Ajaran 2017/2018 terdiri dari 17 kelas dengan jumlah 565 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling dengan jumlah 213 siswa Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner sebanyak 40 butir. Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 39,544 + 0,302 + 0,174. Analisis uji t untuk variabel Pendapatan Orangtua (X_1) diperoleh t_hitung>t_tabel (6,414 > 1,652) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Pendapatan Orangtua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Untuk variabel Motivasi Orangtua (X_2) diperoleh t_hitung>t_tabel (3,359 > 1,652 ) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,001 < 0,05. Hal ini berarti Motivasi Orangtua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara F_hitung dengan F_tabel. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung > Ftabel (47,188 > 3,04) dengan nilai sig α < 0,05 atau 0,000 < 0,05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pendapatan Orangtua (X_1) dan Motivasi Orangtua (X_2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Pendapatan Orangtua dan Motivasi Orangtua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Tarutung Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 080 |
Keywords: | PENDAPATAN ORANGTUA, MOTIVASI ORANGTUA, PRESTASI BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:13 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34243 |