HIDAYAT, TAUFIK (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X - IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141141070 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2. NIM. 7141141070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
3. NIM. 7141141070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 7141141070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 7141141070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
6. NIM. 7141141070 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 7141141070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7141141070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 7141141070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
13. NIM. 7141141070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM. 7141141070 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Perhatian Orang Tua dan kurangnya Fasilitas Belajar dan rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X- IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penlitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X –IPS yang berjumlah 82 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda = 45,914 + 0,211X1+0,216X2 selanjutnya variabel Perhatian Orang Tua ( memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai > (2,402 > 1,664), dan α < 0,05 (0,019 < 0,05). Sementara Fasilitas Belajar ( juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi dengan nilai > (2,165 > 1,664), dan α < 0,05 (0,033 < 0,05). Secara bersama-sama komunikasi dan motivasi orangtua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi dengan nilai > (6,753 > 3,11), dan α < 0,05 (0,002 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh komunikasi dan motivasi orangtua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,6%.
Adanya Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar secara efektif akan menambah semangat dan keinginan anak untuk belajar lebih giat lagi. Selain itu adanya kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua sangat perlu adanya untuk mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa di rumah dan di sekolah. Membangun Perhatian Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap anak secara intens nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 081 |
Keywords: | Perhatian Orang Tua, Fasilitas Belajar, Dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 16:00 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34229 |