AFRILIA, DWI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SD NEGERI GUGUS WILAYAH I KECAMATAN SELESAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111028_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1141111028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 1141111028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1141111028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 1141111028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1141111028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 1141111028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111028_BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
12. NIM. 1141111028_BAB V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM. 1141111028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang analisis kemampuan guru dalam menerapkan penilaian autentik dalam proses pembelajaran tematik di sd negeri gugus wilayah I terutama sd yang sudah menerapkan kurikulum 2013, meliputi kemampuan guru dalam pemahaman penilaian autentik, pengembangan penilaian autentik, pelaksanaan penilaian autentik serta kendala yang dialami pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu bersifat penggambaran keadaan secara naratif atau kata-kata apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik sebenarnya sudah dilaksanakan cukup baik, sebagian guru sudah melakukan penilaian autentik sesuai standar pemerintah yaitu menggunakan pedoman penilaian yang ada di buku guru. Namun ada juga guru yang sama sekali belum paham dan melaksanakan penilaian autentik. Penilaian keterampilan masih belum sesuai dengan standar,karena guru sebagian menggunakan penilaian essay. Hambatan pelaksanaan penilaian autentik terlihat dari proses penilaian autentik meliputi penilaian menyita banyak waktu dan beban administrasi bagi guru yang semakin banyak karena harus menyediakan lebar penilaan autentik setiap hari dengan biaya pribadi. Rubrik penilaian sikap ada sebagian guru yang jarang menggunakan atau menilai tidak secara efektif lagi yaitu guru lebih sering menilai sikap siswa sama rata. Faktor usia yang mempengaruhi pemahaman guru dan menyebabkan guru sedikit malas untuk mempelajarinya dan untuk melaksanakannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 439 |
Keywords: | PEMAHAMAN PENILAIAN AUTENTIK, PENILAIAN AUTENTIK, KENDALA DALAM PENILAIAN AUTENTIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:56 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34223 |