SIREGAR, MUHAMMAD RIFAI (2018) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR OTOMATISASI PERKANTORAN SISWA SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141141044 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 7141141044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. NIM. 7141141044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM. 7141141044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM. 7141141044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 7141141044 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 7141141044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 7141141044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 7141141044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
13. NIM. 7141141044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 7141141044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan teknologi informasi terhadap prestasi belajar Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2018/2019. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura dengan populasi sebanyak 102 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur profesionalisme guru dan teknologi informasi berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar Otomatisasi Perkantoran siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan uji instrument berupa uji validitas dan
reliabilitas yang dilakukan kepada 30 responden. Dimana butir angket dinyatakan valid jika nilai rxy > rtabel, dengan rtabel = 0,361. Hasil uji reliabilitas angket
profesionalisme guru yaitu 0,909 > 0.600 dan angket teknologi informasi 0,911 > 0,600. Hasil uji asumsi klasik diperoleh normalitas sebesar 0,524, uji linearitas profesionalisme guru terhadap prestasi belajar sebesar 0,054 > 0,05 dan teknologi informasi terhadap prestasi belajar diperoleh 0,308 > 0,05. Sedangkan uji multikolinearitas diperoleh nilai Tolerance 1,000 > 0,1 dan nilai VIF 1,000 < 10 yang artinya bahwa kedua variable bebas tidak saling memiliki hubungan. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 17,012 + 0,617 X1 + 0,172 X2 + e. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel = 7,672 > 1,678 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh 2,309 > 1,678 dengan taraf signifikan 0,025 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung > Ftabel = 32,314 > 3,19 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan
antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar Otomatisasi Perkantoran, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara teknologi informasi terhadap prestasi
belajar Otomatisasi Perkantoran, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru dan teknologi informasi terhadap prestasi belajar Otomatisasi Perkantoran siswa X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura TA 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 019 |
Keywords: | Profesionalisme Guru, Teknologi Informasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:52 |
Last Modified: | 06 May 2019 05:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34216 |