NASUTION, INA NAMORA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X TITL-2 DI SMK NEGERI 5 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 414111058 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2 NIM 414111058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3 NIM 4141111058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4 NIM 414111058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5 NIM 414111058 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
6 NIM 414111058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7 NIM 414111058 TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8 NIM 414111058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
9 NIM 414111058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 NIM 414111058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14 NIM 414111058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL-2 SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear di kelas X TITL-2 SMK Negeri 5 Medan tahun ajaran
2018/2019. Penelian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematis yaitu 60,2 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,7. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 9 siswa (30%) dari 30 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya
70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 26 siswa (86,7%) dari 30 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 56,7%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan
komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas X TITL-2 SMK Negeri 5 Medan T.A. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 047 |
Keywords: | Teams Games Tournament (TGT); Kemampuan Komunikasi Matematis; Kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:46 |
Last Modified: | 06 May 2019 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34205 |