SINAMBELA, FEBRI S (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK N 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342015 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7143342015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. NIM. 7143342015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 7143342015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 7143342015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM. 7143342015 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7143342015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7143342015 APPEDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7143342015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
13. NIM. 7143342015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7143342015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XII AK di SMK Negeri 6 Medan T.P. 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jalan Jambi Nomor 23D Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 107 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan teknik undian dimana kelas XII AK 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XII AK 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa sehingga jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 60 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 65,83 dengan standar deviasi = 7,08 dan nilai rata-rata post-test siswa = 80,33 dengan standar deviasi = 8,19. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 65,16 dengan standar deviasi = 7,13 dan nilai posttest siswa = 69,33 dengan standar deviasi = 8,06. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (5,64 > 1,671), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05 dengan dk= n1+ n2-2 = 58.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Generatif lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII AK di SMK Negeri 6 Medan T.P 2018/ 2019 pada pokok bahasan jurnal penyesuaian perusahaan dagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 066 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:44 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34202 |