YUWANDA, RIZKA (2018) PENGARUH PERMAINAN BAALAP KARUNG TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DHARMA WANITA UNIT KEMENTERIAN AGAMA LUBUK PAKAM T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143313025_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143313025_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 1143313025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 1143313025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 1143313025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143313025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143313025_AFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143313025_BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
12. NIM. 1143313025_BAB V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
13. NIM. 1143313025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah mengenai Pengaruh Permainan Balap
Karung Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di RA.
Dharma Wanita Unit Kementrian Agama Lubuk Pakam T.A 2017/2018. Tujuan
Penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan motorik kasar dengan
melalui permainan balap karung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh
permasalahan yang muncul dilapangan mengenai motorik kasar anak yang belum
berkembang sesuai harapan dan guru belum menggunakan permainan balap
karung untuk mengembangkan motorik kasar dalam kegiatan pembelajaran.
Jenis penelitian One-Group Pretest- Prosttest Design yang termasuk
jenis penelitian eksperimen. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak
(random sampling) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 18 anak. Variabel
bebas adalah permainan balap karung sedangkan variabel terikat adalah motorik
kasar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik
instrumen penelitin non tes yaitu melalui observasi terstruktur tentang
perkembangan motorik kasar anak yaitu tangan dan kaki.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata anak kelas ekperimen
yang melalui permainan balap karung 6,5 tergolong dalam kategori baik sekali.
Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol tanpa melalui permainan balap karung
yaitu 4,9 tergolong dalam kategori baik. Terlihat motorik kasar anak kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut
hipotesis diperoleh > (126 > 40) dengan taraf α= 0,05. Dengan
demikian permainan balap karung berpengaruh secara signifikan terhadap motorik
kasar anak usia 5-6 tahun di RA. Dharma Wanita Unit Kementrian Agama Lubuk
Pakam T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 065 |
Keywords: | Balap Karung; Motorik Kasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34201 |