RENISCA, ISMAY (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD PAB 22 PATUMBAK T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111029_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 1143111029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 1143111029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1143111029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 1143111029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 1143111029_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143111029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1143111029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 1143111029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1143111029_BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
14. NIM. 1143111029_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1143111029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Yang menjadikan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada pokok bahasan Cerita Anak dimana guru kurang memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran. Nilai yang di dapat siswa saat pelajaran Bahasa Indonesia sangat rendah, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan guru masih sering menggunakan model pembelajaran ceramah, tanya jawab, dan menulis.
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di kelas V SD Swasta PAB 22 Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018
Hasil penelitian siklus I, motivasi belajar siswa dari hasil angket sebelum sebanyak 18 siswa (56,25%) memiliki tingkat motivasi belajar dengan kategori rendah dengan keterangan kurang termotivasi. Dan sebanyak 4 siswa (12,5%) memiliki tingkat motivasi yang tinggi dengan keterangan termotivasi. Dan sebanyak 10 siswa yang memiliki tingkat motivasi yang sangat tinggi (31,25%) dengan keterangan sangat termotivasi. Dengan hasil observasi dengan persentase rata-rata sebesar 72,83% dengan kategori cukup termotivasi.
Pada hasil siklus II dengan menggunakan satu kali pertemuan diperoleh persentase rata-rata yaitu 86,2ran % dan tergolong termotivasi atau sangat termotivasi. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 441 |
Keywords: | motivasi belajar, minat, keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:35 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34188 |