WIJAYA, UTOMO (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI GUGUS WILAYAH II KECAMATAN DOLOK MASIHUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311086 COVER.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
2. NIM.1141111086_ LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM.1141111086_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM.1141111086_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM.1141111086_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM.1141111086_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM.1141111086_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM.1141111086_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM. 1141111086_BAB I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13.NIM.1141111086_BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14.NIM.114111086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum 2013 di SD
Negeri Gugus Wilayah Kecamatan Dolok Masihul. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3
sekolah dasar yang berbeda yaitu SD Negeri No.106224 Kerapuh, SD Negeri
No.102059 Sarang Giting dan SD Negeri No.102060 Sarang Giting. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tahap
pengolahan data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri Gugus Wilayah
II Kecamatan Dolok Masihul sudah cukup baik secara pemahaman, penyusunan
dan pelaksanaan Kurikulum 2013. Pemahaman guru mengenai Kurikulum 2013
sudah cukup luas. Hal ini terlihat dari penyusunan rencana pembelajaran dan
pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru. Hampir semua guru menyusun
dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan komponen Permendikbud Nomor
20 Tahun 2017. Proses pelaksanaan yang diawali dengan kegiatan pendahuluan
yang terdapat kegiatan literasi dan pendidikan karakter selanjutnya kegiatan inti
menggunakan pendekatan Scientific, penggunaan sumber belajar, media belajar
dan pembelajaran yang tematik dan selanjutnya kegiatan penutup. Sedangkan
pada evaluasi pembelajaran guru masih kurang memahami, karena banyaknya
proses yang harus dinilai seperti memulai pembelajaran sampai akhir
pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi sekarang ini adalah tidak tersedianya
buku pegangan guru dan siswa sehingga mengharuskan guru dalam mencari bukubuku
yang sesuai dengan materi pada setiap pembelajaran. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 sudah berjalan cukup
baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 440 |
Keywords: | Penelitian kualitatif, implementasi kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:32 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34182 |