WARDANI, NURI (2018) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN PLAY-DOUGH KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 DI TK.AL-AMIN DESA SUMBER KEC. LIMA PULUH TAHUN AJARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NURI WARDANI 1142113008_ COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2.NURI WARDANI.1142113008_LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, DAN PERSETUJUAN HASIL REVISI.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
3.NURI WARDANI.1142113008_ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4.NURI WARDANI.1142113008_KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
5.NURI WARDANI.1142113008_DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6.NURI WARDANI.1142113008_DAFTAR GAMBAR SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7.NURI WARDANI.1142113008_DAFTAR TABEL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8.NURI WARDANI.1142113008_DAFTAR LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9.NURI WARDANI.1142113008_BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NURI WARDANI.1142113008_BAB V SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14.NURI WARDANI.1142113008_DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NURI WARDANI 1142113008.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa keterampilan sosial anak belum berkembang secara maksimal, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain play dough terhadap keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Amin Desa Sumber Makmur Kec. Lima Puluh Kab. Batu Bara Tahun Ajaran 2017-2018.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen yaitu Pre-Eksperimental Design, dengan bentuk One-Group pretest-postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas B1 dan B2 di TK. Al-Amin yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling, yaitu dengan pertimbangan tertentu. Hal ini dilakukan karena anak yang dijadikan sampel harus memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu TK B (5-6 Tahun), oleh karena itu, jumlah sampel yang memenuhi kriteria terdiri dari 16 orang anak. Dan penelitian ini menggunakan hanya satu kelas yaitu Eksperimen. Penelitian ini menggunakan kegiatan bermain play dough dari cara membuat hingga membentuk bendera merah putih dari adonan play dough tersebut.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan kegiatan bermain play dough berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan sosial anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung (4,05) > ttabel (1,746). Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan: Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Kegiatan Bermain Playdough Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Amin Desa Sumber Makmur Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 070 |
Keywords: | Play-dough, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:18 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34160 |