ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM PENYUSUNAN RPP BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI KOTA MEDAN

Suginingsih (2011) ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM PENYUSUNAN RPP BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081188910034 Judul.pdf]
Preview
Text
081188910034 Judul.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
081188910034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081188910034 Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081188910034 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081188910034 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
081188910034 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
081188910034 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
081188910034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Bab I.pdf]
Preview
Text
081188910034 Bab I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Bab V.pdf]
Preview
Text
081188910034 Bab V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 081188910034 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081188910034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Selama bulan Desember 2010 hingga Februari 2011 telah dilakukan analisis RPP mata pelajaran Biologi kelas XI IPA dari SMA Negeri se Kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang: (1) Kualitas RPP mata pelajaran Biologi di SMA Negeri se Kota Medan berdasarkan ketentuan Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007); (2) Kelengkapan dokumen RPP sesuai dengan Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007); (3) Kesesuaian isi RPP mata pelajaran Biologi SMA Negeri se Kota Medan dengan Standar Proses untuk Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007); (4) Perbedaan kualitas RPP mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA berdasarkan Materi Pokok di SMA Negeri se Kota Medan; (5) Perbedaan kualitas RPP mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA berdasarkan sekolah di SMA Negeri se Kota Medan dan (6) Perbedaan RPP mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA kategori SMA Negeri favorit menurut masyarakat di Kota Medan?Penelitian melibatkan 15 orang guru yang menyatakan bersedia secara sukarela berpartisipasi dalam penelitian. Dari masing-masing guru diperoleh 5 dokumen RPP mata pelajaran Biologi kelas XI IPA tahun pelajaran 2010-2011 terdiri dari materi pokok: (1) Sistem Pencemaan; (2) Sistem Respirasi; (3) Sistem Ekskresi; (4) Sistem Regulasi; dan (5) Sistem Reproduksi. Berdasarkan jejak pendapat masyarakat, 15 sekolah sampel dibedakan atas 3 sekolah kategori favorit A 9 sekolah kategori favorit B dan 3 sekolah kategori C. Analisis RPP dilakukan menggunakan instrumen yang telah divalidasi ahli sesuai Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007. Analisis deskriptif dilakukan untuk menentukan kualitas, kelengkapan dokumen dan kesesuaian RPP dengan Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007. Analisis varians dilakukan untuk menguji perbedaan kualitas RPP berdasarkan materi pokok, sekolah dan kategori sekolah favorit.Hasil penelitian diperoleh: (1) Secara umum kualitas RPP mata pelajaran Biologi kelas XI IPA yang disusun guru SMA Negeri se Kota Medan tergolong ke dalam kategori kurang baik ke baik; (2) Pada umumnya RPP mata pelajaran Biologi kelas XI IPA yang disusun guru telah memenuhi komponen RPP sebagaimana diatur dalam Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007; (3) Guru mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Negeri se Kota Medan umumnya masih menghadapi permasalahan dalam hal penetapan indikator yang terukur, membuka pelajaran dengan kegiatan yang menarik perhatian dan mampu memotivasi belajar siswa, menutup pelajaran dengan baik, dan mendesain pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan; (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada RPP guru mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Negeri se Kota Medan berdasarkan Materi Pokok; (5) Terdapat perbedaan yang signifikan pada RPP guru mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Negeri se Kota Medan berdasarkan sekolah; dan (6) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada RPP guru mata pelajaran Biologi kelas XI IPA SMA Negeri se Kota Medan berdasarkan sekolah favorit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.7 Sug a
Keywords: Guru; Biologi; Rencana pelaksanaan pembelajaran; Kurikulum tingkat satuan pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 23 May 2016 02:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

View Item
View Item