Hutagaol, Anju Gempita (2018) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 6 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143141007 - COVER.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
2. NIM 7143141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
3. NIM 7143141007 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM 7143141007 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 7143141007 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
6. NIM 7143141007 - TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM 7143141007 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 7143141007 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM 7143141007 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
13. NIM 7143141007 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM 7143141007 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kompetensi guru dalam menunjang prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 6 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri6 Pematangsiantar yang berjumlah 93 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian yaitu berjumlah 93 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap hipotesis secara parsial untuk fasilitas belajar dengan taraf signifikan 95 % menunjukkan nilai thitung 3,467 dan nilai ttabel 1,661 maka diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,467 > 1,661) maka Ha diterima sedangkan Ho tidak dapat diterima, dan pengujian hipotesis untuk kompetensi guru dengan taraf signifikan 95% menunjukkan nilai thitung 4,537 dan nilai ttabel 1,661 maka diperoleh thitung lebih besar dari ttabel atau 4,537 > 1,661 maka Ha diterima Ho tidak dapat diterima. Untuk pengujian secara simultan menunjukkan Fhitunglebih besar dariFtabel (32,726 > 3,10) berarti Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,421 atau 42,1%%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar adalah sebesar 42,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 085 |
Keywords: | Fasilitas Belajar, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:58 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34144 |