SILALAHI, WINDA ARTASARI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X IPA SMA N 1 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341057 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM 4143341057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 4143341057 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
4. NIM 4143341057 PREPACE.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
5. NIM 4143341057 TABLE OF COUNTENT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 4143341057 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
7. NIM 4143341057 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM 4143341057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 4143341057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
13. NIM 4143341057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14 NIM 4143341057 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Script dan PBI pada sub materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA N 1 Sunggal T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (sampel acak) sebanyak 72 siswa, yaitu kelas X IPA 4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas Kooperatif Script dan kelas X IPA 6 sebagai kelas PBI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 30 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata
nilai hasil belajar siswa dengan model Kooperatif Script adalah 80,30 dengan SD 7,90 dan nilai hasil belajar siswa dengan model PBI adalah 70,33 dengan SD 9,07. Perbedaan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Data menunjukkan bahwa hasil thitung > ttabel (6,77 >1,66) sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Script dan PBI pada sub materi keanekaragaman Hayati di kelas X SMA N 1 Sunggal T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 063 |
Keywords: | Model Kooperatif Script, Model Problem Based Instruction, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:56 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34142 |