Widiyanto, Kecuk (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG DIBELAJARKAN DENGAN METODE INKURI DAN PROYEK TEHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, SIKAP ILMIAH, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
081188930019 Judul.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
081188930019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
081188930019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081188930019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
081188930019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
081188930019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
081188930019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
081188930019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
081188930019 Bab I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
081188930019 Bab V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
081188930019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah yang dibelajarkan dengan metode inkuiri dan proyek terhadap kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah, dan hasil belajar siswa pada SMP Negeri 2 Lubukpakam dalam mempelajari materi saling ketergantungan dalam ekosistem. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lubukpakam tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 317 orang yang terdiri dari 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas eksperimen A (Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Inkuiri), kelas eksperimen B (Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Proyek), dan kelas C (pembelajaran secara konvensional). Instrumen yang akan digunakan yaitu tes standar berpikir kritis Cornell oleh Ennis (1964) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, angket sikap ilmiah (TOSRA) oleh Fraser (1981) untuk mengukur sikap ilmiah, dan tes kemampuan kognitif untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan anava satu jalur dengan bantuan program SPSS for windows versi 17.0. Untuk mengetahui perbedaan rata-rata antar kelompok digunakan uji lanjut yaitu Tukeys HSDTest.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang sangat signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri (0,60 ± 0,01), proyek (0,47 ± 0,02) dan konvensional (0,31 ± 0,02); (Tukeys HSD Test, P < 0,01). (2) Terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri (0,35 ± 0,01), proyek (0,30. ± 0,02) dan konvensional (0.27 ± 0,02);(Tukeys HSD Test, P < 0,01). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri (0,56 ± 0,02), proyek {0,42 ± 0,02) dan konvensional (0,28 ± 0,02); (Tukeys HSD Test, P <0,01).Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah, dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah melalui metode inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan proyek dan konvensional. Oleh karena itu penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah melalui metode inkuiri dan proyek dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiah, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Wid p |
Keywords: | Ekosistem; Biologi; Metode inkuiri; Berpikir kritis; Sikap ilmiah; Metode proyek; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 23 May 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3414 |