DAULAY, SEIKA JUNIAR (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AP MATA PELAJARAN KEARSIPAN SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341067. COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2.NIM. 7143341067. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3.NIM. 7143341067. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
8. NIM.7143341067. PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4. NIM. 7143341067. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM. 7143341067. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 7143341067. TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM. 7143341067. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
9. NIM. 7143341067. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
13. NIM. 7143341067. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM. 7143341067. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar kearsipan, 2) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar kearsipan, 3) Pengaruh keterampilan mengajar guru dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar kearsipan Ssiswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura dengan populasi sebanyak 102 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan mengajar guru dan media pembelajarab berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai kearsipan siswa kelas x AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2017/2018.
Teknik analisis data adalah dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS.24.0.
Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) keterampilan mengajar guru merupakan kemampuan yang dimiliki guru dalam mengajar di dalam kelas untuk mencapai tujuan yang optimal 2) media belajar merupakan alat bantu yang digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran agar efektif dan efesien.untuk mendukung pembelajaran, 3) prestasi belajar kearsipan merupakan suatu hasil yang diperoleh siswa setelah mempelajari mata pelajaran kearsipan dimana hasilnya dalam bentuk angka dan symbol.
Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu: Y=15,710+0,591 X₁+0,653X₂+e . Hasil uji t-hitung pada variabel keterampilan mengajar guru diperoleh thitung = 2,026 dengan taraf signifikan 0,000 < 0.05 dan variable media pembelajaran diperoleh thitung =2,379 dengan taraf signifikan 0.000 < 0,0. Sedangkan untuk menguji hipotesis secara stimultan diperoleh Fhitung = 20,458 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar kersipan,2) ada pengaruh positif dan signifikan antara media belajar terhadap prestasi belajar kersipan, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 035 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Media Pembelajaran, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34135 |