SIBORO, ESTER PT (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI DESA RONGGURNIHUTA KECAMATAN RONGGURNIHUTA KABUPATEN SAMOSIR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111015_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1142111015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 1142111015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 1142111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
5. NIM. 1142111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1142111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1142111015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 1142111015_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM. 1142111015_BAB V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
14. NIM. 1142111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
anfaat. Disiplin berperan penting untuk menjadi jalan bagi langkah belajar siswa. Disiplin belajar akan menuntun siswa untuk mengerti bagaimana belajar sesuai dengan dirinya dan bahkan akan menuntun siswa pada pencapaian hasil belajar yang akan menuntun pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Namun kenyataanya hasil belajar tidak sesuai dengan yang standar yang diharapkan. Dalam penelitian ini disusun rumusan masalah 1)Bagaimana disiplin belajar Matematika pada siswa kelas V SD Di Desa Ronggurnihuta, Kecamatan
Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir T.A 2017/2018. 2)Bagaimana hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Di Desa Ronggurnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir T.A 2017/2018. 3)Apakah ada hubungan disiplin belajar siswa dengan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Di Desa
Ronggurnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir T.A 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian korelasional menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di Desa Ronggurnihuta yang terdiri dari 3 Sekolah Dasar yakni; SD Negeri 5 Ronggurnihuta, SD Negeri 8
Ronggurnihuta dan SD Negeri 12 Ronggurnihuta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dari 3 sekolah yang ada di Desa Ronggurnihuta yang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk variabel
disiplin belajar (X) adalah angket tertutup dengan skala Likert sedangkan instrument untuk variabel (Y) adalah dengan menggunakan metode dokumentasi dari hasil nilai ujian Matematika semester ganjil. Teknik analisis data yang
dilakukan dengan cara analisis deskriptif yakni menggunakan table distributive frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa disiplin
belajar siswa kelas V SD di Desa Ronggurnihuta termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 82,8. Hasil belajar siswa kelas V SD di Desa Ronggurnihuta termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 58,16. Hasil
perhitungan korelasi diperoleh nilai rxy > r table atau 0,318 > 0,279 (α = 0.05) maka terdapat korelasi dengan arah positif. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,450 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel t terhadap alpha 0,05 sebesar 2,010 artinya thitung > ttabel (2,450 > 2,010) . Dalam hal ini berarti hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD di Desa
Ronggurnihuta, Kecamatan Ronggurnihuta, Kapubaten Samosir, Tahun Ajaran 2017/2018” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 445 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:48 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34128 |