A. PUTRI, PRAMAYS SHELLA (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN DAN PETA KONSEP BERBANTUAN AUTOGRAPH DI KELAS VIII SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143311028 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM. 4143311028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM. 4143311028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4. NIM. 4143311028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM 4143311028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
6. NIM 4143311028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7. NIM 4143311028 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 4143311028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4143311028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (863kB) | Preview
13. NIM 4143311028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4143311028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 29 Medan ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran peta pikiran berbantuan
autograph lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran peta konsep berbantuan autograph pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 29 Medan T.A 2018/2019 yang terdiri 8 kelas. Pengambilan sampel Cluster Random Sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran Peta Pikiran (Mind Map) dan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran Peta Konsep (Concept Map), jumlah pada
masing-masing kelas adalah 36 orang siswa. Sebagai alat pengumpul data digunakan data pretest dan posttest dalam bentuk test isian (essay), dimana masing-masing soal berjumlah 5 soal yang sudah divalidkan. Berdasarkan data
pretest tes hasil belajar matematika siswa nilai rata-rata dikelas eksperimen I sebesar 61,11 dan nilai rata-rata eksperimen II sebesar 60,55. Sedangkan data posttest tes hasil belajar matematika siswa nilai rata-rata eksperimen I sebesar 83,33 dan nilai rata-rata eksperimen II sebesar 78,88. Dengan menggunakan uji hipotesis satu arah diperoleh dan dengan taraf nyata sehingga. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan peta pikiran berbantuan autograph lebih tinggi
daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan peta konsep berbantuan autograph dikelas VIII SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 052 |
Keywords: | Hasil Belajar, Peta Pikiran, Peta Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:35 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34108 |