TANJUNG, KHAIRUL AZHAR (2018) PENERAPAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XIAK SMK TAMAN SISWA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142017 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 7141142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 7141142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 7141142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 7141142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7141142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7141142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7141142017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7141142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 7141142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 7141142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peninkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan teknik Quick On The Draw
dalam model pembelajaran Student Team Achiviement Division kelas XI Ak SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat dijalan Sabaruddin No 8 Kota Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang berjumlah 14 orang. Objek dari penelitian ini adalah penerapan teknik Quick On The Draw dalam model STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas siswa selama proses belajar berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari 2 tahap yaitu data kualitatif dan kuntitatif. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 7 orang (50%) siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 orang siswa (85,72%) siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar siswa
meningkat 35,72% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada pretest sebelum diadakan tindakan menunjukkan 3 orang siswa (21,42%) yang tuntas dengan nilai rata-rata (57,14%). Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 7 orang siswa (50%)
yang tuntas dengan nilai rata-rata (70,71%) dan pada siklus ke II sebanyak 14 orang siswa mengalami ketuntasan belajar (100%) dengan nilai rata-rata (85,35). Sehingga terjadinya peningkatan hasil belajar akuntansi dari siklus I sampai ke
siklus II sebesar (50%) . Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Quick On The Draw dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ak pada materi Piutang Dagang di SMK Taman Siswa Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 080 |
Keywords: | Penerapan Teknik Quick On The Draw Dalam Model Pembelajaran STAD, Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:25 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34089 |