NASUTION, RIZKYA PAULITA (2018) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143141080 - COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7143141080 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 7143141080 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (948kB) | Preview
4. NIM 7143141080 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 7143141080 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 7143141080 - TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 7143141080 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM 7143141080 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
9. NIM 7143141080 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM 7143141080 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM 7143141080 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan
berorganisasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu mahasiswa yang aktif berorganisasi sebanyak 41 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket atau kuisioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan
menggunakan aplikasi Software SPSS versi 24. Teknik analaisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 24.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 2,657 + 0,133X1 + 0,108X2. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial keaktifan berorganisasi mahasiswa memiliki pengaruh yang positf dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (3,049 > 2,022) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,484 > 2,022) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai Fhitung> Ftabel (10,509 > 3,24) pada taraf signifikansi α 0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat
pengaruh positif dan signifikan keaktifan berorganisasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa baik secara parsial dan simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 NIAGA 038 |
Keywords: | Keaktifan Berorganisasi; Kemandirian Belajar; Prestasi Akademik Mahasiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:21 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34083 |