FADILLAH, NOVITA (2018) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU PERMATA BUNDA KOTA LANGSA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_NOVITA FADILLAH 1141113024_COVER SKRIPSI_.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2.LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
3.NOVITA FADILLAH.114113024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
4.NOVITA FADILLA.1141113024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5.NOVITA FADILLAH.1141113024_DAFTAR ISI REVISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6.NOVITA FADILLAH.1141113024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.NOVITA FADILLAH.1141113024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NOVITA FADILLAH.1141113024_BAB I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
12.NOVITAFADILLAH.1141113024_BAB V.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
14.NOVITAFADILLAH.1141113024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh metode outdoor learning terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Permata bunda Kota Langsa.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul di lapangan mengenai rendahnya kemandirian anak diantaranya masih bergantung pada orang lain, kepercayaan diri yang kurang, belum memiliki inisiatif, dan belum dapat memenuhi kebutuhan dirinya sendiri disekolah serta kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah maupun luar sekolah sebagai media dan sumber belajar dalam menstimulus kemandirian anak.. Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kemandirian anak menggunakan metode outdoor learning.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental dengan desain The equivalen time samples design. Variabel bebas adalah metode outdoor learning sedangkan variable terikat adalah kemandirian. Instrumen pengumpulan data adalah observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji test Q chocran, yang dilanjut dengan uji signifikansi pada taraf α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata – rata kemandirian anak berkembang dengan baik dan mengalami peningkatan ketika dibelajarkan dengan pembelajaran menggunakan metode outdoor learning dibandingkan ketika tidak dibelajarkan dengan metode outdoor learning dilihat dari uji test Q chochran diperoleh Qhitung > yaitu 167.43728 > 24,996 pada taraf α=0,05 .Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode outdoor learning memiliki pengaruh signifikan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Permata Bunda Kota Langsa Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 071 |
Keywords: | OUTDOOR LEARNING, KEMANDIRIAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:19 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34078 |