PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP RESILIENSI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

NOVIA, NURUL (2018) PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP RESILIENSI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143151031_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143151031_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143151031_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143151031_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143151031_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143151031_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143151031_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143151031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143151031_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143151031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143151031_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143151031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143151031_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143151031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143151031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143151031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143151031_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143151031_BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143151031_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143151031_BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143151031_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143151031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individual dengan pendekatan REBT terhadap resiliensi siswa korban bullying di SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan QuasiEksperimentrancangannya jenis One Group Pre-test dan Post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 26 siswa-siswi, sampel yang memiliki resiliensi siswa korban bullying sejumlah 4 orang siswa yang ditentukan dengan teknik sampling purposive (sampel bertujuan) dengan karakteristik siswa yang memiliki masalah resiliensi siswa korban bullying yang rendah dari hasil analisis angket. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket resiliensi siswa korban bullying berjumlah 42 item pertanyaan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunkan uji
Wilcoxon. Dari analisis dan diperoleh J hitung = 2,5 dengan dengan  = 0,05, adapun J tabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung> JTabel dimana 2,5> 0. Artinya hipotesis diterima, Data pre-test diperoleh rata-rata 76,25, sedangkan data post-test setelah diberikan konseling individual dengan pendekatan REBT diperoleh rata-rata sebesar 159,75, selisih antara pre-test dan post-test sebesar 83,5 dan perubahan interval resiliensi siswa korban bullying setelah diberi konseling individual dengan pendektan REBT sebesar 52,26 %. Artinya skor ratarata
siswa yang memiliki resiliensi siswa korban bullying setelah mendapat konseling individual dengan pendektan REBT lebih tinggi dari pada sebelum mendapat konseling individual dengan pendekatan REBT. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling individual dengan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) terhadap resiliensi siswa korban bullying di SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2018/2019 atau hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BK 056
Keywords: Konseling Individual, Pendekatan REBT, Resiliensi, Korban Bullying
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:08
Last Modified: 16 Apr 2019 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34057

Actions (login required)

View Item
View Item