NOVIA, NURUL (2018) PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP RESILIENSI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151031_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1143151031_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 1143151031_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 1143151031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM. 1143151031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1143151031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM. 1143151031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143151031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1143151031_BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
13. NIM. 1143151031_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 1143151031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individual dengan pendekatan REBT terhadap resiliensi siswa korban bullying di SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Agustus 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan QuasiEksperimentrancangannya jenis One Group Pre-test dan Post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 26 siswa-siswi, sampel yang memiliki resiliensi siswa korban bullying sejumlah 4 orang siswa yang ditentukan dengan teknik sampling purposive (sampel bertujuan) dengan karakteristik siswa yang memiliki masalah resiliensi siswa korban bullying yang rendah dari hasil analisis angket. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket resiliensi siswa korban bullying berjumlah 42 item pertanyaan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunkan uji
Wilcoxon. Dari analisis dan diperoleh J hitung = 2,5 dengan dengan = 0,05, adapun J tabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung> JTabel dimana 2,5> 0. Artinya hipotesis diterima, Data pre-test diperoleh rata-rata 76,25, sedangkan data post-test setelah diberikan konseling individual dengan pendekatan REBT diperoleh rata-rata sebesar 159,75, selisih antara pre-test dan post-test sebesar 83,5 dan perubahan interval resiliensi siswa korban bullying setelah diberi konseling individual dengan pendektan REBT sebesar 52,26 %. Artinya skor ratarata
siswa yang memiliki resiliensi siswa korban bullying setelah mendapat konseling individual dengan pendektan REBT lebih tinggi dari pada sebelum mendapat konseling individual dengan pendekatan REBT. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling individual dengan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) terhadap resiliensi siswa korban bullying di SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2018/2019 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 056 |
Keywords: | Konseling Individual, Pendekatan REBT, Resiliensi, Korban Bullying |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:08 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34057 |