PARHUSIP, DIAMAS R. (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342014 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 7143342014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM. 7143342014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 7143342014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM. 7143342014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 7143342014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7143342014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7143342014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7143342014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 7143342014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7143342014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Resource Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperiman dan kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukaan rata- rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 63,67 dan 80,00. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 59,33 dan 71,33. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung= 4,47 dan ttabel 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung lebih besar dari ttabel (4,47 > 1,671). Melalui kriteria pengujiaan hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Resource Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun pembelajaran 2018/2019. Maka model pembelajaran Resource Based Learning sesuai diajarkan pada materi laporan keuangan perusahaan jasa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 085 |
Keywords: | Model Pembelajaran Resource Based Learning, Metode Konvensional, dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:06 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34052 |