PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

PARHUSIP, DIAMAS R. (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143342014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143342014 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143342014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143342014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143342014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143342014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143342014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143342014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143342014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143342014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143342014 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143342014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143342014 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143342014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143342014 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143342014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143342014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143342014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143342014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143342014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143342014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143342014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dikelas XI SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Resource Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperiman dan kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukaan rata- rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 63,67 dan 80,00. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 59,33 dan 71,33. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung= 4,47 dan ttabel 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung lebih besar dari ttabel (4,47 > 1,671). Melalui kriteria pengujiaan hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Resource Based Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun pembelajaran 2018/2019. Maka model pembelajaran Resource Based Learning sesuai diajarkan pada materi laporan keuangan perusahaan jasa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 085
Keywords: Model Pembelajaran Resource Based Learning, Metode Konvensional, dan Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:06
Last Modified: 16 Apr 2019 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34052

Actions (login required)

View Item
View Item