PANGGABEAN, WENDY PUTRA (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123141098 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 4123141098 Surat Pengesahan.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. 4123141098 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 4123141098 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. 4123141098 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. 4123141098 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. 4123141098 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. 4123141098 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. 4213141098 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. 4123141098 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. 4123141098 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi pokok sistem pernapasan manusia di kelas XI-IPA SMA Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang yang diambil
secara acak (random). Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai acuan. Pada saat diberikan perlakuan dengan menggunakan Two Stay Two Stray dilakukan juga pengamatan aktivitas
belajar siswa dengan peningkatan aktivitas belajar dari pertemuan I dan pertemuan II sebesar 74,5 termasuk kategori aktif. Setelah pembelajaran diberikan, dilakukan postes dengan hasil rata-rata eksperimen 85,41 dengan standar deviasi 5,12 dan kelas kontrol 77,56 dengan standar deviasi 4,17. Setelah dilakukan pengujian data postes dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diadakan pengolahan selanjutnya yaitu hasil uji t diperoleh thitung = 17,60 dan ttabel = 1,61, sehingga thitung > ttabel (17,60 > 1,61) maka Ha diterima dengan demikian perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen
sebesar 47,89 % sedangkan persentase peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 22,35 %. Diperoleh juga persentase peningkatan hasil belajar kelas
eksperimen terhadap kelas kontrol sebesar 22,35 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 199 |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Observasi; Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:54 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33988 |