SARI, PUSPITA (2018) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141057 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 4141141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM 4141141057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM 4141141057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 4141141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 4141141057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4141141057 TABLES.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM 4141141057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4141141057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM 4141141057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 4141141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran besar mengenai persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi system pencernaan pada manusia di kelas di kelas XI IPA MAS Al-Washliyah 22 Tembung tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA MAS Al-Washliyah yang berjumlah 35 orang. Adapun pengambilan sampel yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda tingkat keyakinan
(CRI). Miskonsepsi siswa pada materi system pencernaan manusia dianalisis dengan menggunakan instrument tes pilihan ganda dengan tingkat keyakinan
(Certainty of Respons Index). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata miskonsepsi
siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA MAS Al- Washliyah 22 Tembung tahun pembelajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 23,94% dikategorikan sedikit dari jumlah respon mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi
siswa berdasarkan indicator pada materi system pencernaan pada manusia di MAS Al-Washliyah 22 Tembung menjelaskan struktur, fungsi, organ dan proses dalam sistem perncernaan pada manusia (28,5%) dikategorikan hampir setengahnya. Sumber informasi yang menyebabkan miskonsepsi siswa terbanyak berasal dari buku sebanyak 40%. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terhadap materi system pencernaan manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 200 |
Keywords: | Miskonsepsi siswa, sumber informasi, sistem pencernaan manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:45 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33968 |