PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN DUA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR POLA DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

CAPAH, MELATI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN DUA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR POLA DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113143027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113143027 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113143027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113143027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113143027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113143027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113143027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113143027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113143027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113143027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113143027 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113143027 TABLES.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113143027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113143027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113143027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113143027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5113143027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113143027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113143027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113143027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113143027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113143027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil Belajar Pembuatan
Pola yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional,
2) Hasil Belajar Pembuatan pola yang diajarkan secara Project Based Learning,
3) Sejauh mana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan
media dua dimensi terhadap hasil belajar Pembuatan Pola Pada Siswa Kelas X
Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 97 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 62 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu Kelas
Konvensional dan Kelas Project Based Learning Berbantuan Media Dua Dimensi. Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 155, diperoleh Ftabel = 2,424, sehingga diketahui Fo < Ft (0,906 < 2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat). Sehingga dapat digunakan untuk menjaring data penelitian. Berdasarkan uji persyaratan analisis, sebaran data Hasil Belajar Membuat
Pola Dasar Wanita berdistribusi normal yaitu Lh < Ltabel, dimana untuk Kelas Konvensional sebesar (0,100 < 0,161) dan untuk kelas Eksperimen ditemukan sebesar (0,125 < 0,156) Sedangkan untuk uji homogenitas diketahui bahwa
variansi populasi adalah homogeny yaitu 2 hitung < 2
tabel (0,318 < 3,84). Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar pembuatan pola dengan menerapkan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 36,387
dan standard deviasi sebesar 3,088. Sedangkan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Dua Dimensi memiliki skor rata-rata sebesar 41,825 dan standard deviasi sebesar 2,786. Dengan demikian dinyatakan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Dua Dimensi Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Pada Siswa Kelas X Program
Keahlian Tata Busana SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018, dengan nilai thitung > ttabel yaitu (7,289 > 1,671).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PKK 004
Keywords: Pengaruh, Project based learning, Pembuatan pola dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:43
Last Modified: 12 Apr 2019 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33963

Actions (login required)

View Item
View Item