CAPAH, MELATI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN DUA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR POLA DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113143027 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 5113143027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 5113143027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 5113143027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 5113143027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 5113143027 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 5113143027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 5113143027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 5113143027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM. 5113143027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 5113143027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil Belajar Pembuatan
Pola yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional,
2) Hasil Belajar Pembuatan pola yang diajarkan secara Project Based Learning,
3) Sejauh mana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan
media dua dimensi terhadap hasil belajar Pembuatan Pola Pada Siswa Kelas X
Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 97 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 62 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu Kelas
Konvensional dan Kelas Project Based Learning Berbantuan Media Dua Dimensi. Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 155, diperoleh Ftabel = 2,424, sehingga diketahui Fo < Ft (0,906 < 2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat). Sehingga dapat digunakan untuk menjaring data penelitian. Berdasarkan uji persyaratan analisis, sebaran data Hasil Belajar Membuat
Pola Dasar Wanita berdistribusi normal yaitu Lh < Ltabel, dimana untuk Kelas Konvensional sebesar (0,100 < 0,161) dan untuk kelas Eksperimen ditemukan sebesar (0,125 < 0,156) Sedangkan untuk uji homogenitas diketahui bahwa
variansi populasi adalah homogeny yaitu 2 hitung < 2
tabel (0,318 < 3,84). Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar pembuatan pola dengan menerapkan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 36,387
dan standard deviasi sebesar 3,088. Sedangkan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Dua Dimensi memiliki skor rata-rata sebesar 41,825 dan standard deviasi sebesar 2,786. Dengan demikian dinyatakan terdapat pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Dua Dimensi Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Pada Siswa Kelas X Program
Keahlian Tata Busana SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018, dengan nilai thitung > ttabel yaitu (7,289 > 1,671).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKK 004 |
Keywords: | Pengaruh, Project based learning, Pembuatan pola dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:43 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33963 |