SINAGA, ESTER H. (2018) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS XI SMA/MA YANG DILENGKAPI KIT PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143331009 JUDUL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 4143331009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM 4143331009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. NIM 4143331009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM 4143331009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
6. NIM 4143331009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7. NIM 4143331009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
8. NIM 4143331009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
9. NIM 4143331009 BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13. NIM 4143331009 BAB V.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
14. NIM 4143331009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum ipa yang berstandar BSNP dan siswa kelas XI SMA/MA pada materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar disekolah di Sumatera Utara, 2 orang dosen Universitas Negeri Medan, 2 orang guru kimia di sekolah SMAN 13 Medan dam SMAN 14 Medan. Sampel penelitian diambil secara purpose sampling. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research) dengan metode ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah layak dan standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum kimia pada materi sistem koloid terdiri dari percobaan mengenal sistem koloid, mengamati efek tyndall, mengamati adsorpsi dan koagulasi pada koloid dan pembuatan koloid. Standarisasi modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa responden memiliki respon positif dengan nilai rata – rata 3,84 yang diperoleh dari dosen, 3,65 yang diperoleh dari guru, dan 3,67 yang diperoleh dari siswa, sehingga penuntun praktikum kimia termasuk dalam kategori efektif dan tidak perlu direvisi lagi. Pada percobaan mengenal sistem koloid disekolah SMAN 13 Medan diperoleh N-gain dengan nilai rata-rata 0,68 dan nilai aktivitas sebesar 81,06 , sedangkan di sekolah SMAN 14 Medan diperoleh N-gain rata-rata 0,73 dan aktivitas sebesar 81,48. Pada efektifitas penggunaan penuntun praktikum kimia pada sekolah SMAN 13 Medan sebesar 68,49%, sedangkan pada sekolah SMAN 14 Medan sebesar 73,43%. Hal itu menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan efektif dan layak digunakan untuk sekolah SMA/MA di Sumatera
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 154 |
Keywords: | Penuntun Praktikum, Pengembangan, dan Sistem Koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:41 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33961 |