Br Silitonga, Ellis Winarya (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN MASTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143142013 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7143142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM 7143142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM 7143142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 7143142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 7143142013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7143142013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7143142013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 7143142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
13. NIM. 7143142013 CHAPRTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 7143142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Swasta JAMBI Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran MASTER di kelas XI AK SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta JAMBI Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No 116, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak SMK Swasta JAMBI Medan sebanyak 44 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran MASTER untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk essay test dan pilihan berganda yang diambil dari buku pegangan guru dan lembar observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.
Dari analisis diperoleh rata-rata pre test sebelum dilakukan tindakan adalah 53,40 dimana 19 siswa (43,18%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata-rata 68,63 dimana 29 siswa (65,91%) dinyatakan tuntas dan hasil dari observasi aktivitas belajar siswa siklus I diketahui bahwa 9 orang tergolong sangat aktif, 21 orang tergolong aktif, 6 orang tergolong cukup aktif dan 6 orang pula tergolong kurang aktif. Hasil belajar dan aktivitas belajar pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada post test siklus II nilai rata-rata 80,22 dimana 37 siswa (84,10%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus ke II menunjukkan 18 orang tergolong sangat aktif, 19 orang tergolong aktif, 3 orang tergolong cukup aktif dan 4 orang tergolong kurang aktif. Ini berarti hasil belajar dan aktivitas belajar pada siklus ke II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian di hentikan pada siklus ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Swasta JAMBI Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan diterapkannya model pembelajaran MASTER.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 098 |
Keywords: | Model Pembelajaran MASTER, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:38 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33953 |