HARAHAP, LATIFAH AINI (2018) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR TABLE SERVICE SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132142014 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM. 5132142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. NIM. 5132142014 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 5132142014 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 5132142014 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 5132142014 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 5132142014 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 5132142014 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM. 5132142014 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. NIM. 5132142014 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 5132142014 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar table service siswa yang diajarkan dengan metode simulasi (2) untuk mengetahui hasil belajar table service siswa yang diajarkan dengan metode konvensional (3) untuk mengetahui pengaruh metode simulasi terhadap hasil belajar table service siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan.
Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 8 Medan yang mendapatkan materi table service pada mata pelajaran tata hidang yaitu sebanyak 7 kelas yang berjumlah 213 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan simple random sampling yaitu dengan acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Boga1 dan XI Boga7 dengan jumlah responden 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar table service siswa yang diajarkan dengan metode simulasi diperoleh skor rata-rata sebesar 33 dan standard deviasi 3,9 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup 60 % yaitu Mi = 30 dan Sdi = 4, sedangkan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional diperoleh skor rata-rata sebesar 26,3 dan standard deviasi 3,4 dengan tingkat kecenderungan nilai yang kurang 50 % yaitu Mi = 30 dan Sdi = 4.
Berdasarkan hasil uji normalitas dinyatakan data berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji homogenitas dinyatakan data homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,33 < 1,95). Sementara berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dimana hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,445 > 1,671), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan metode simulasi terhadap hasil belajar table service siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BOGA 027 |
Keywords: | Metode Simulasi, Hasil Belajar Table Service |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:35 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33948 |