TRIWIBOWO, BAGUS (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA ELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 054942 TEGAL REJO GEBANG T.A 2017/2018 KAB. LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111018_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1141111018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM. 1141111018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 1141111018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1141111018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1141111018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111018_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1141111018_BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
14. NIM. 1141111018_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1141111018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dalam menulis puisi masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang guru terapkan masih bersifat konvensional, dimana pembelajaran diawali dengan
penyampaian materi oleh guru dengan cara ceramah dilanjutkan dengan Tanya jawab dan penugasan sehingga siswa cenderung pasif dan menerima apa adanya
materi yang diajarkan tanpa berusaha merespon dan memahaminya. Penerapan model pembelajaran yang tidak variatif merupakan satu masalah dalam penelitian ini. Sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis puisi kepada Siswa Kelas V SD Negeri 054942 Tegal Rejo Gebang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subjek penelitian Siswa Kelas V SD Negeri 054942 Tegal Rejo Gebang Tahun Ajaran 2017/2018. Berjumlah 30 siswa, dengan rincian 17
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Complete Sentence untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Dengan 4 (empat) tahapan pada masing-masing siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah
lembar observasi dan angket. Hasil analisis data dari 30 siswa data angket pada siklus I terdapat skor rata-rata 72,9 dengan rincian 12 siswa atau 40% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi belajarnya rendah, 13 siswa atau 43,3% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang meiliki kriteria motivasi
belajarnya sedang, 5 siswa atau 16,7% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi tinggi. Dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 78,9 dengan rincian 2 siswa atau 6,6% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi belajarnya rendah, 13 siswa atau 43,3% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang meiliki kriteria motivasi
belajarnya sedang, 15 siswa atau 50% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi tinggi.
Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan motivasi belajar siswa materi pokok menulis puisi di kelas V SD Negeri 054942 Tegal Rejo Gebang T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 449 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:32 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33942 |