MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA ELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 054942 TEGAL REJO GEBANG T.A 2017/2018 KAB. LANGKAT

TRIWIBOWO, BAGUS (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA ELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 054942 TEGAL REJO GEBANG T.A 2017/2018 KAB. LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111018_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111018_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111018_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111018_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111018_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111018_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111018_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111018_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111018_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1141111018_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1141111018_BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111018_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111018_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1141111018_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1141111018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dalam menulis puisi masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang guru terapkan masih bersifat konvensional, dimana pembelajaran diawali dengan
penyampaian materi oleh guru dengan cara ceramah dilanjutkan dengan Tanya jawab dan penugasan sehingga siswa cenderung pasif dan menerima apa adanya
materi yang diajarkan tanpa berusaha merespon dan memahaminya. Penerapan model pembelajaran yang tidak variatif merupakan satu masalah dalam penelitian ini. Sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis puisi kepada Siswa Kelas V SD Negeri 054942 Tegal Rejo Gebang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subjek penelitian Siswa Kelas V SD Negeri 054942 Tegal Rejo Gebang Tahun Ajaran 2017/2018. Berjumlah 30 siswa, dengan rincian 17
siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Complete Sentence untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Dengan 4 (empat) tahapan pada masing-masing siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah
lembar observasi dan angket. Hasil analisis data dari 30 siswa data angket pada siklus I terdapat skor rata-rata 72,9 dengan rincian 12 siswa atau 40% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi belajarnya rendah, 13 siswa atau 43,3% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang meiliki kriteria motivasi
belajarnya sedang, 5 siswa atau 16,7% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi tinggi. Dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 78,9 dengan rincian 2 siswa atau 6,6% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi belajarnya rendah, 13 siswa atau 43,3% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang meiliki kriteria motivasi
belajarnya sedang, 15 siswa atau 50% dari jumlah siswa secara keseluruhan yang memiliki kriteria motivasi tinggi.
Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan motivasi belajar siswa materi pokok menulis puisi di kelas V SD Negeri 054942 Tegal Rejo Gebang T.A 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 449
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:32
Last Modified: 12 Apr 2019 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33942

Actions (login required)

View Item
View Item