NAINGGOLAN, CLARA TIURMA (2018) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADSA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP SMK NEGERI 1 KISARAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 7143341016 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02. NIM 7143341016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
03. NIM 7143341016 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
04. NIM 7143341016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
07. NIM 7143341016 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
05. NIM 7143341016 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
06. NIM 7143341016 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM 7143341016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
09. NIM 7143341016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM 7143341016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 7143341016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Kearsipan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kearsipan yang diajar dengan menggunakankolaborasi model pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) dengan Numbered Head Together (NHT)lebih tinggi dari KKM pada mata pelajaran Kearsipan kelas X AP SMK Negeri 1 Kisaran T.P 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 144 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Purposive Sampling dimana sampelnya terdiri dari satu kelas yaitu kelas eksperimen kelas X AP 4 yang berjumlah 36 orang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pre-test dan post-test dan test psikomotor. Tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban serta 4 soal psikomotor. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest 40,139 dengan standar deviasi 11,618. Dan nilai rata-rata kelas eksperimen post test 82,639 dengan standar deviasi 6,151. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Z dengan α = 0,05.Dari data perhitungan hipotesis Zhitung sebesar 7,48 sedangkan Ztabel = 1,64. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Zhitung > Ztabel yaitu 7,48> 1,64 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kolaborasi Student Team Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dari KKM pada mata pelajaran kearsipan kelas X AP SMK Negeri 1 Kisaran T.P 2018//2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 038 |
Keywords: | Model Pembelajaran Students Teams Achievement (STAD) Dengan Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:28 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33935 |