YANINGSIH, PUTRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI KELAS X AP SMK SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA (YPHB) KUALA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141073 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 7143141073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM. 7143141073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 7143141073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 7143141073 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 7143141073 TABLES AND ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143141073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 7143141073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
12. NIM. 7143141073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM. 7143141073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran korespondensi dikelas X AP SMK Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.P 2018/2019. (2) adanya pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran korespondensi dikelas X AP SMK Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.P 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK YPHB Kuala Tahun pelajaran 2018/2019. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X AP 1 dan X AP 2 yang terdiri 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar korespondensi dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan angket sebanyak 20 item.
Hasil analisa data menunjukkan data nilai rata-rata kelas eksperimen 77 dengan simpangan baku 11,34, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 71,5 dengan simpangan baku 10,6. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Anava satu Jalur. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh bahwa > 2.2 > 1,65. Dengan kata lain hipotesis diterima. Interaksi antara kemandirian terhadap hasil belajar dikelas eksperimen > yaitu 2,04 > 1,65 dan interaksi antara kemandirian terhadap hasil belajar dikelas kontrol sebesar > 2,46 > 1,65.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran number head together dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran korespondensi di kelas X SMK Swasta Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.P 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ADP 039 |
Keywords: | Model Pembelajaran Number Head Together, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:20 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33919 |