Sukma Nasution, Septia Melati (2018) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341068 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 7143341068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
3. NIM. 7143341068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM. 7143341068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7143341068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 7143341068 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 7143341068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143341068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7143341068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13. NIM. 7143341068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 7143341068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 15 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 15 Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan yang beralamat di Jalan Sekolah Pembangunan No. 7, Sunggal, Medan Selayang, Kota Medan.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dala penelitian ini sebanyak 129 siswa dan sampel sebanyak 97 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan penyebaran angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Dari hasil analisis uji t untuk variable kompetensi profesional (X1) diperoleh thitung > ttabel (3,423 > 1,661) dengan nilai signifikan 0,001 dengan α = 5 %. Hal ini berarti kompetensi profesional guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Untuk variabel kompetensi pedagogik guru (X2) diperoleh thitung > ttabel (5,003 > 1,661) dengan signifikan 0,000 dengan α = 5 %. Hal ini berarti kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa. Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung > Ftabel ( 103,548 > 3,09 ) dengan α = 5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional guru (X1) dan kompetensi pedagogik guru (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar (Y). Dari analisis di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 15 Medan T.A 2017/2018 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 093 |
Keywords: | Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:07 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33896 |