Shavyra, Risa Dwi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF MENGGUNAKAN METODE VISUAL, AUDITORI DAN KINESTETIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMKS SINAR HUSNI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143142026 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 7143142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM 7143142026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM 7143142026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 7143142026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 7143142026 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7143142026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7143142026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7143142026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM 7143142026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM 7143142026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMKS Sinar Husni Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Generatif Menggunakan Metode Visual, Auditori, dan Kinestetik. Penelitian dilaksanakan di SMKS Sinar Husni Medan yang beralamat jalan Veteran Gg. Utama Psr. V Helvetia pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas XI Ak-2 yang berjumlah 39 orang siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 18 siswa (46,15%) masuk dalam kategori kritis dengan
persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 65,05% . Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 35 (89,74%) siswa telah mencapai kategori kritis dan sangat kritis dengan persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis
siswa yaitu 80,02%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 21 siswa (53,85%) yang tuntas dengan rata-rata 71,79 menjadi 34 siswa (87%) pada siklus II dengan ratarata 80,26. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Generatif
menggunakan Metode Visual, Auditori, dan Kinestetik dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK SMKS Sinar Husni Medan T.P 2018/2019 pada materi pelajaran kas kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 101 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Generatif menggunakan Metode Visual,Auditori, dan Kinestetik |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:00 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33882 |