OKTAPIYANI, CINDI NUR (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK SWASTA MANDIRI MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141121005 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 3141121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 3141121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM 3141121005 PREFACE .pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 3141121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM 3141121005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 3141121005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM 3141121005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM 3141121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM 3141121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 3141121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah kelas X TSM SMK Swasta Mandiri yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah seluruh siswa 102 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak atau random sampling, dimana kelas eksperimen adalah kelas X TSM 2 yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X TSM 1 yang diajarkan dengan metode ceramah.
Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata siswa pada kelas X TSM 2 sebesar 85,78 sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas X TSM 1 adalah 72,50. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab yaitu 7,6>1,67144 dengan demikian dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model kooperatif tipe make a match dengan metode ceramah yaitu lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model kooperatif tipe make a match.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 056 |
Keywords: | Model Kooperatif tipe make a match, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:59 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33881 |