Bangun, Pekenaken (2011) ANALISIS KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI NO. 106789 TANJUNG GUSTA KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
809825013 Judul.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
809825013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
809825013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
809825013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
809825013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (0B)
809825013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
809825013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
809825013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
809825013 Bab I.pdf - Published Version
Download (0B)
809825013 Bab V.pdf - Published Version
Download (0B)
809825013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang dan mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan instrumen yang digunakan observasi dan wawancara langsung (terbuka). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No. 106789 beralamat: Jln. Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung selama enam bulan, dimulai dari bulan Februari hingga bulan Juli 2011. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru Sekolah Dasar Negeri No. 106789 Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa: seluruh guru-guru Sekolah Dasar Negeri No. 106789 Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, telah memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Hal ini diketahui dari para guru Sekolah Dasar Negeri No. 106789 Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara banyak yang tamatan dari Strata 1 (S-1) dan ada yang telah lulus dalam sertifikasi, serta penguasaan guru terhadap seluruh indikator kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini sebagai implikasinya buat Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri No. 106789 Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara teratur dan berkesinambungan. Dengan peningkatan ini, diyakini akan mampu meningkatkan mutu pendidikan dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas. Diharapkan bagi siapa saja yang melanjutkan penelitian berikutnya dapat mengujicobakan kepada sekolah-sekolah yang lainnya. Melalui penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang baik kepada para guru dan Kepala Sekolah melalui aplikasi kepada sekolah tersebut, sehingga tercipta suatu kondisi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.24 Ban a |
Keywords: | Guru; Kompetensi pedagogik; Kompetensi profesional; Kompetensi kepribadian; Kompetensi sosial; Belajar mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3388 |