TAMPUBOLON, DESI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 7143142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. NIM. 7143142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 7143142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 7143142006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 7143142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 7143142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 7143142006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7143142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
13. NIM. 7143142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7143142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study di kelas XI Akuntansi SMK 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jl. Jambi No 23, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak-2 SMK Negeri 6 Medan sebanyak 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk essay test yang diambil dari buku pegangan siswa dan buku pegangan guru dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif.
Dari analisis diperoleh rata-rata pre test sebelum dilakukan tindakan adalah 52,78 dimana 16 siswa (44,44%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata-rata 72,11 dimana 27 siswa (75%) dinyatakan tuntas dan hasil dari angket motivasi belajar siswa siklus I diketahui bahwa 16 orang tergolong siswa yang termotivasi, 20 orang tergolong siswa kurang termotivasi. Hasil belajar dan aktivitas belajar pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada post test siklus II nilai rata-rata 87,02 dimana 31 siswa (86,11%) tuntas, dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil angket motivasi siswa pada siklus ke II menunjukkan 35 orang siswa tergolong termotivasi tinggi, sedangkan 1 orang siswa lagi tergolong kurang termotivasi. Ini berarti hasil belajar dan aktivitas belajar pada siklus ke II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian di hentikan pada siklus ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 105 |
Keywords: | Model pembelajaran project based learning berbasis lesson study, motivasi belajar, hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:51 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33861 |