SIMAREMARE, WAHYUNI FRANSISKA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK PRAYATNA-1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142031COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 7143142031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. NIM. 7143142031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 7143142031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 7143142031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 7143142031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7143142031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 7143142031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 7143142031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
13. NIM. 7143142031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 7143142031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Prayatna-1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Prayatna-1 Medan di Jl. Letda Sudjono No.403 pada semester ganjil tahun pembelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 33 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative script . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes terdapat 8 siswa (24,24%) yang tuntas dan 25 (75,76%) siswa yang tidak tuntas dalam mencapai KKM. Nilai rata-rata di kelas diperoleh 63,03. Siklus I setelah dilakukan penerapan model pembelajaran cooperative script menunjukkan hasil belajar siswa meningkat yaitu siswa yang tuntas belajar sebesar 18 siswa (54,55%) sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 15 siswa (45,45%) dan nilai rata-rata yang diperoleh kelas adalah 74,55. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, namun belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal, sehingga dilanjutkan kembali ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa terdapat 28 siswa (84,85%) yang tuntas, 5 siswa (15,15%) yang tidak tuntas. Perolehan nilai rata-rata kelas adalah 86,06.
Dari hasil penelitian hipotesis dengan statistic uji t diperoleh ttabel= 2,03 dan thitung=11,98. Maka thitung>ttabel menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan positif hasil belajar siswa. Dengan demikian, Ha = X > Y diterima dan H0 = X=Y ditolak. Berdasakan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 109 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:46 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33852 |