WATI, AYU INDAH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
A. NIM. 5142111001. COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
B. NIM 5142111001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
C. NIM. 5142111001. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
D. NIM. 5142111001. PREFACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
E. NIM. 5142111001. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
F. NIM. 5142111001. TABLE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
G. NIM. 5142111001. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
H. NIM. 5142111001. APPENDICTS.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
I. NIM. 5142111001. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
M. NIM. 5142111001. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
N. NIM. 5142111001. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MdPL). Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas XI A Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian pada siklus I di peroleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 85 (Baik), persentase aktivitas siswa 82,35% (28 orang) pada kategori baik dan sangat baik, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 70,59% (24 orang). Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 90 (Baik), persentase aktivitas siswa 85,29% (29 orang) kategori baik dan sangat baik, dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 88,24% (30 orang) . Aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan sebesar 2,94% dan 17,65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis penelitian diterima, hal ini ditandai dengan penerapan model pembelajararan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (MdPL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 040 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Menggambar Dengan Perangkat Lunak, Student Team Achievment Divisions. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NA Architecture > NA4100 Special classes of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:45 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33850 |