PENGARUH STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA AN NIZAM

AZIZAH, NURUL (2018) PENGARUH STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA AN NIZAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2141111027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2141111027 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2141111027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2141111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2141111027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2141111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2141111027 PREPARE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2141111027 PREPARE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2141111027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2141111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2141111027 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2141111027 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2141111027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2141111027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2141111027 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2141111027 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2141111027 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2141111027 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2141111027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2141111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam. Populasi penelitian ini berjumlah 78 siswa dari 3 kelas. Dari 3 kelas, ditetapkan kelas XI MIA 1 yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pretest and posttest group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essai. Data hasil penelitian ini diperoleh dari hasil skor pretest dan skor posttest kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 41, (2) kemampuan siswa menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82, (3) uji hipotesis menunjukkan Jhitung (325) ≥ Jtabel (89) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 138
Keywords: Pengaruh; Strategi Double Entry Journals; Media; Menulis; dan Teks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:30
Last Modified: 11 Apr 2019 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33822

Actions (login required)

View Item
View Item