SITORUS, DANIEL TUA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TIPTL DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113331005 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 5113331005 SURAT PERNYATAAN, PERSETUJUAN DAN PENYERAHAN.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
3. 5113331005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. 5113331005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. 5113331005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. 5113331005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. 5113331005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 5113331005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. 5113331005 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. 5113331005 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. 5113331005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis laboratorium terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan Memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians anava dan statistika uji Z.
Penelitan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei tuan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X TIPTL Program Keahlian Ketenagalistrikan yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X TIPTL 1 menjadi kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis laboratorium dan kelas X TIPTL 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional.
Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menguasai dasar listrik dan elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ftabel = 4,03 > Fhitung = 0,135, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan secara nyata untuk kedua model pembelajaran tersebut sebelum diberi perlakuan kepada kelas eksperimen. Sedangkan dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan rumus Anava Varians satu jalan pada data post tes diperoleh bahwa > Fhitung = 17,36 lebih besar dari Ftabel = 4,03, maka H0 ditolak dan H1 : diterima, dengan demikian hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol jelas menunjukkan perbedaan, sehingga dapat dilanjutkan dengan uji –z. Dari perhitungan uji –z, diperoleh bahwa z = 0,25 dan –Z0,05 = -1,645, oleh karena itu z > -Z0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bebasis laboratorium memberi pengaruh lebih tinggi terhadap hasil Dasar Listrik dan Elektronika pada siswa kelas X Program Keahlian TIPTL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 053 |
Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM : HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:26 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33815 |