SEMBIRING, RIO GUNANTA (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PADA MATA KULIAH KALKULUS T. A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113111065 COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM. 4113111065 APPROVAL SHEET-converted (1).pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM 4113111065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4113111065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
5. NIM 4113111065 TABLES CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM 4113111065 TABLES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7. NIM 4113111065 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM 4113111065 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
9. NIM 4113111065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
13. NIM 411311106 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM 4113111065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah kalkulus diferensial di kelas Reguler semester 2 pendidikan matematika FMIPA UNIMED. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian keseluruan mahasiswa semester 2 kelas Reguler Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNIMED Tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah 36 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrument yaitu tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kemampuan mahasiswa memahami masalah kalkulus mencapai 75,69% dan dalam kategori sedang, persentase kemampuan merencanakan proses pemecahan masalah kalkulus mencapai 68.75% dan tergolong kategori kurang, persentase kemampuan mahasiswa melaksanakan proses penyelesaian pemecahan masalah mencapai 69,44% dan tergolong kategori kurang dan persentase mahasiswa yang memeriksa kembali prosess pemecahan masalah kalkulus mencapai 71,52% dan tergolong kurang. Berdasarkan kriteria ketuntasan kemampuan pemecahan masalah kalkulus menunjukkan bahwa sebanyak 22 mahasiswa telah tuntas dalam kemampuan pemecahan masalah kalkulus sehingga persentase kelas telah mampu memahami konsep kalkulus adalah 61,11%. Ini menunjukkan bahwa kelas belum tuntas dalam kemampuan pemecahan masalah kalkulus. Skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada tes kemampuan pemecahan masalah kalkulus adalah 72,05% dan dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah kalkulus di kelas Reguler program studi pendidikan matematika FMIPA UNIMED masih dalam kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 156 |
Keywords: | Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kalkulus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:25 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33811 |