YANTI, SARI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK SWASTA ALWASHLIYAH 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 7143342035 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 7143342035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (25MB) | Preview
3.NIM. 7143342035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM. 7143342035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 743342035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 7143342035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 7143342035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8.NIM. 7143342035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 7143342035 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
10. NIM. 7143342035 BAB II.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
13. NIM. 7143342035 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XII Ak SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan T.P 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achivement Divisions dengan strategi pembelajaran Guided Teaching Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII Ak SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan T.P 2018/2019 dengan subjek adalah siswa kelas XII Ak yang bejumlah 24 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.
Data hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklusI hanya 4 orang (16,67%) siswa dengan kategri sangat aktif dan aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 21 orang (87,5%) siswa sudah melebihi kategori sangat akif dan aktif. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 15 orang (62,5%) siswa yang dikategorikan tuntas dengan nilai rata-rata 78,12. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar mengalami peningkatan menjadi 21orang(87,5%) siswa dengan nilai rata-rata85,04. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achivement Divisions dengan strategi pembelajaran Guided Teaching di kelas XII Ak SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan T.P 2018/2019 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 129 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Divisions Dengan Strategi Pembelajaran Guided Teaching |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:17 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33797 |