Napitupulu, Johannes Febriko (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
03. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Abstrak_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
04. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Kata Pengantar_do.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
05. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Daftar Isi_docx.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
06. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Daftar Tabel_docx.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
07. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Daftar Gambar_doc.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
08. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Daftar Lampiran_d.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
09. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Bab I_docx.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Bab V_docx.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. Johannes Febriko Napitupulu 4133321049 Daftar Pustaka_do.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa, 2) peningkatan hasil belajar dan KPM siswa menggunakan model
PBL dan pembelajaran konvensional, 3) peningkatan KPM siswa berdasarkan setiap indikator KPM. Jenis penelitian hasil belajar dan KPM adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini seluruh kelas X SMA Negeri 4 Medan berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel secara simple random sampling. Kelas
X-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang masingmasing berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda dan KPM adalah tes essai. Nilai pretes hasil belajar dan KPM
kelas eksperimen 40,81 dan 20,86 sedangkan kelas kontrol 41,69 dan 21,28. Data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis data pretes dengan uji t menunjukkan thitung<ttabel artinya kognitif dan KPM awal siswa sama. Nilai postes hasil belajar dan KPM kelas eksperimen dengan model PBL adalah 77,97 dan 62,78 sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional 70,3 dan 41,8. Uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan thitung>ttabel artinya kognitif dan KPM akhir siswa berbeda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar dan KPM siswa, 2) hasil belajar dan KPM siswa menggunakan model PBL meningkat lebih baik dibanding pembelajaran konvensional, 3) setiap indikator KPM menggunakan model PBL mengalami peningkatan lebih baik dibanding pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 169 |
Keywords: | problem based learning, hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:07 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33785 |