ANGGRAINI, ASTY (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DI JURUSAN MATEMATIKA UNIMED TAHUN 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113111009 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 4113111009 LEMBAR PENGESAHAN BELOKM DISCAN.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM. 4113111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 4113111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 4113111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM. 4113111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 4113111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
8. NIM. 4113111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM. 4113111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (747kB) | Preview
13. NIM. 4113111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM. 4113111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah matematika ekonomi tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 3 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan matematika ekonomi dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. Penentuan subjek ini berdasarkan saran dari dosen pengampu mata kuliah matematika ekonomi. Teknik pengumpulan data meliputi teknik dokumentasi dan komunikasi langsung dengan alat pengumpul datanya berupa dokumentasi soal dan hasil Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah matematika ekonomi, dan pedoman wawancara. Pada penelitian ini setelah pengumpulan data, peneliti menganalisis hasil Ujian Akhir Semester (UAS) dan hasil wawancara untuk melihat hasil belajar mahasiswa sebagai indikator analisis kesulitan belajar terhadap mata kuliah matematika ekonomi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tidak terlalu banyak kesulitan belajar bagi mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika UNIMED yang memiliki kemampuan tinggi (M1) dalam mempelajari mata kuliah matematika ekonomi. Selanjutnya untuk mahasiswa dengan kategori sedang (M2), M2 kurang dalam memahami konsep persamaan, fungsi dan cara menggambar kurva. Mahasiswa dengan kategori rendah (M3) diperoleh bahwa M3 tidak memahami maksud dari soal sehingga tidak mampu menjabarkan konsep kurva indiferen, tingkat kepuasan total,keuntungan maksimum dan minimum. Saran yang diajukan yaitu dosen mata kuliah tersebut dapat membuat ruang kelas menjadi nyaman dan lebih memperhatikan mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 160 |
Keywords: | Kesulitan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:00 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33778 |