DIAN RATNA PURI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI DI MAN PEMATANGSIANTAR T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141121007 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 3141121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
3. NIM. 3141121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 3141121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 3141121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 3141121007 TABELS.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 3141121007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3141121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
12. NIM. 3141121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM. 3141121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol agar dapat dilihat perbedaannya dan jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel delakukan dengan cara Cluster Sampling, adalah tehnik memilih sebuah sampel dari kelompok – kelompok unit yang kecil, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol yang berkumlah 33 siswa..
Desain penelitian adalah two group pre-test, post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengujian instrumen tes hasil belajar adalah uji t dua pihak dan uji t satu pihak. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan model tipe Jigsaw diperoleh rata – rata nilai 76,97 dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional diperoleh rata – rata nilai 68,48. Hasil uji Normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji t pada nilai post test di peroleh t > t(0,975) (64) = (12.79 > 1,99), sehinggan H0 ditolak dan Ha diterima,atau dengan kata lain hasil belajar siswa yang diajar dengan model Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran sejarah IPS MAN Pematangsiantar T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 065 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:53 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33769 |