HANDAYANI, FITRI (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKO SUHU DAM KALOR DI KELAS X SESTER II MAN 3 MEDAN T.P.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
6. NIM 4133321024 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5. NIM 4133321024 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 4133321024 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 4133321024 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 4133321024 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13. NIM 4133321024 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
14. NIM 4133321024 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
3. NIM 4133321024 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM 4133321024 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1. NIM 4133321024 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM 4133321024 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (998kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II MAN 3 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian
ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan yang terdiri dari 5 MIA. Sampel penelitian dilakukan secara random sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas X-MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan tes. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif siswa. Dari analisa data untuk hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata 34,96 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata pre-test 31,33. Sedangkan pada post-test kelas eksperimen memperoleh rata-rata 64,36 dan kelas
kontrol memperoleh rat-rata 58,70. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis postes thitung > ttabel (2,12 < 1,67) pada taraf nyata 0,05 artinya H0 diterima. Kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Rata-rata nilai aktivitas siswa di kelas eksperimen diperoleh 75,47 dengan kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 171 |
Keywords: | Problem based learning, hasil belajar, suhu dan kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:48 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33763 |