PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMP NEGERI 4 BINJAI

BOWO, AGUNG TRI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMP NEGERI 4 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 4113111002 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 4113111002 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 4113111002 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 4113111002 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 4113111002 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 4113111002 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 4113111002 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 4113111002 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 4113111002 DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 4113111002 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 4113111002 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 4113111002 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 4113111002 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 4113111002 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 4113111002 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 4113111002 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 4113111002 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 4113111002 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4113111002 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4113111002 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4113111002 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4113111002 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran JIGSAW dan STAD pada kelas VIII di SMP Negeri 4 Binjai. (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang di ajar dengan
model pembelajaran JIGSAW lebih baik dari pada yang di ajar dengan model pembelajaran STAD. (3) Bagaimana jawaban siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dengan STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pre-test and post-test group design.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Binjai dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII-
8 sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 35 dan 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan essay test (uraian) dengan jumlah soal 5 item yang telah divalidkan oleh validator dan dinyatakan
valid. Hasil uji validitas soal pretes dengan rtabel= 0,349 diperoleh bahwa pada soal pre test terdapat 5 soal valid dari 5 soal dan untuk soal post test terdapat 5 soal valid dari 5 soal. Dan hasil uji reliabilitas soal pre test diperoleh sebesar 0,842 sedangkan pada soal post test diperoleh sebesar 0,870. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen I adalah adalah 82,29 dan pada kelas eksperimen II adalah 76,21. Dari perhitungan uji normalitas data pretest kelas eksperimen I diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1040 < 0,1498) dan data pretest kelas eksperimen II Lhitung < Ltabel (0,0798 < 0,1543) sedangkan pada posttest kelas eksperimen I diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1377 < 0,1498) dan data posttest kelas eksperimen II Lhitung < Ltabel (0,1192 < 0,1542) sehingga disimpulkan bahwa
kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas data pretest diperoleh Fhitung = 0,9899 dan Ftabel = 1,8067 sedangkan pada posttest diperoleh Fhitung = 1,0662 dan Ftabel = 1,8067 maka Fhitung < Ftabel sehingga dapat disimpulkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil uji-t pada taraf α = 0,05 dan dk = 66 diperoleh thitung > ttabel .Hasil uji t
diperoleh thitung = 2,987181sedangkan ttabel = 1,668. Karena thitung > ttabel (2,987181>1,668), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu
pemecahan masalah matematis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW lebih tinggi dari pada dengan menggunakan model STAD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 163
Keywords: Eksperimen Semu ; JIGSAW, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:44
Last Modified: 10 Apr 2019 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33758

Actions (login required)

View Item
View Item