RISNAWATI, WINDA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI KELAS X SEMESTER II SMAN 10 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4142121027 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4142121027 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3 NIM. 4142121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4142121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 4142121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. 4142121027 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 4142121027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 4142121027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 4142121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 4142121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 4142121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan simulasi komputer terhadap keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest- Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Medan yang memiliki nilai KKM Fisika sebesar 70. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes KPM dan KBK dalam bentuk essay dengan jumlah soal masing-masing tes sebanyak 8 soal yang telah divalidasi oleh validator. Hasil pretes nilai rata-rata KBK kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 46,50 dan 41,33. Hasil pretes nilai rata-rata KPM kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 44,00 dan 41,67. Setelah diberi perlakuan, hasil postes nilai rata-rata KBK kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 70,50 dan 63,17. Hasil postes nilai rata-rata KPM kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 70,33 dan 62,83. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil uji gain menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model PBL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 175 |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir kreatif, Keterampilan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:35 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33749 |